Australia Dihadang Kebakaran Terburuk dalam Sejarah

Foto ABC
Foto ABC

Canberra,Sayangi.com- Wilayah Queensland Australia sedang menghadapi ancaman kebakaran terburuk dalam sejarahnya. Dilaporkan lebih dari 50 kebakaran terjadi di negara-negara bagian Australia ini.

Wilayah Australia bagian selatan, petugas pemadam kebakaran sedang berusaha memadamkan sejumlah kejadian yang sama, di negara bagian New South Wales.Ini adalah awal musim kebakaran terburuk yang sejauh ini tercatat di Queensland.

Puluhan kebakaran sedang merebak, dan beberapa rumah sudah hangus. Tracy dan Dennis Beggs terpaksa melarikan diri dari properti mereka sementara api semakin dekat.

“Api itu lewat di halaman belakang seperti kereta saja. Atau seperti sebuah pesawat yang lewat, begitu cepatnya,” kata Tracy Beggs. Anda bisa lihat jilatan apinya, dan mendengar derunya,” jelas Dennis Beggs.

Lebih dari 100 kebakaran sedang mengamuk di bagian utara New South Wales dan bagian selatan Queensland. Api ini menyebar akibat angin dan kondisi kering kerontang. Bahaya ini diperkirakan masih akan membayangi hingga Rabu.

Ratusan petugas pemadam kebakaran telah dikerahkan, dan puluhan rumah berhasil diselamatkan. Seorang relawan pemadam kebakaran mengalami cedera berat ketika jilatan api mengurung truk kebakaran dekat Tenterfield, dan dia menderita luka bakar serius di tangan, kaki, dan wajahnya.

Sebuah kebakaran di dekat Armidale, di New South Wales, melalap lahan yang luasnya lebih dari 60 ribu hektar. Seluruh pesisir timur Australia menghadapi risiko kebakaran lebih tinggi saat musim panas baru mulai.

David Littleproud, Menteri Bencana Alam dan Layanan Darurat, mengatakan, petugas pemadam kebakaran akan dilengkapi dengan sarana guna menanggapi ancaman itu.

Otoritas Australia memperingatkan, beberapa kebakaran itu bisa berlangsung berminggu-minggu. Ditambahkan, musim kebakaran Australia kali ini dimulai lebih dini, dan berlangsung lebih lama. Perubahan cuaca merupakan faktor utamanya, juga musim kemarau yang panjang dan telah memperparah ancaman kebakaran musim panas kali ini.

Sebagian kebakaran ini disebabkan oleh serangan kilat, sementara lainnya terjadi akibat jaringan kawat listrik yang korslet atau peralatan pertanian. Ada juga beberapa insiden yang diakibatkan oleh ulah manusia.

Kebakaran hutan atau yang disebut “bushfire” ini merupakan bagian masalah lingkungan hidup Australia. Tercatat banyak tanaman asli benua ini rentan api dan sangat mudah terbakar.

sumber: ABC News