Iran Bertransaksi Minyak Dari Kapal Tankernya

Kapal Tanker Adrian Darya milik Iran.Foto Reuters
Kapal Tanker Adrian Darya milik Iran.Foto Reuters

Teheran,Sayangi.com- Kapal tanker Iran yang menjadi sengketa diplomatik besar antara Amerika dan Iran, telah menjual muatan minyaknya, tulis kantor berita Iran IRNA.

Kapal Adrian Darya akhirnya merapat ke sebuah pelabuhan di pantai Laut Tengah dan membongkar muatannya,” kata laporan IRNA itu mengutip juru bicara kementerian luar negeri Iran Abbas Mousavi. Namun IRNA tidak menuliskan serta tidak menyebutkan negara mana yang membeli minyak itu.

Kapal tanker itu membawa 2,1 juta barrel minyak Iran, dan minggu lalu tampak dalam foto satelit berada di lepas pantai Suriah.

Kapal itu ditangkap oleh pasukan marinir Inggris di lepas pantai Gibraltar bulan Juli lalu. Kapal ini telah karena dicurigai melanggar sanksi Uni Eropa tentang penjualan minyak ke Suriah. Kapal itu kemudian dibebaskan setelah ditahan enam minggu karena Iran berjanji tidak akan menjual minyaknya kepada negara manapun.

Pemerintah Amerika terus mengejar kapal itu dan bahkan berusaha menawarkan hadiah jutaan dollar kepada kapten kapalnya. Hadiah tersebut akan diberikan jika kapten kapal  mau menyerahkan kapal tersebut  kepada Amerika.

sumber: VOA