Musisi Sekaligus Pendiri Geronimo Anton Issoedibyo Tutup Usia

Mendiang almarhum Anton Issoedibyo (gambar kanan). Foto WordPress
Mendiang almarhum Anton Issoedibyo (gambar kanan). Foto WordPress

Jakarta,Sayangi.com – Berita duka datang dari dunia musik Tanah Air. Anton Issoedibyo meninggal dunia, Selasa (10/9/2019). Berita berpulangnya musisi senior disampaikan Stanley Tulung, pengamat musik via akun Facebook-nya, Rabu (11/8/2019) dini hari.

Saat dihubungi awak media Rabu pagi Stanley menjelaskan Anton Issoedibyo meninggal dunia di RS Pondok Indah Jakarta Selatan, pukul 22.45 WIB. “Innalillahi wainnailaihi rojiun. Telah berpulang ke Rahmatullah H.dr. Anton Kusuma Yudianto bin Issoedibyo,” tulis Stanley va Whatsaap yang disebarkan ke beberapa awak media.

Saat berita ini diturunkan, jenazah disemayamkan di rumah duka, di kawasan Cipete, Jakarta Selatan.  Hingga berita ini dikabarkan, belum diketahui apa penyakit yang diderita Anton Issoedibyo jelang akhir hayatnya hingga dirawat di rumah sakit. Musisi senior yang juga kakak ipar penyanyi Rafika Duri ini ini meninggal dunia di usia 69 tahun.

Di era tahun 1980-an Anton dikenal sebagai pencipta lagu produktif. Salah satunya karyanya  lagu  “Lady” yang berjaya di World Popular Song Festival in Tokyo, tahun 1982. Lagu tersebut dibawakan Harvey Malaiholo yang berhasil meraih Kawakami Special Award.

Sepanjang era tahun 1980-an, Anton juga dikenal bersama Geronimo Singers, grup vokal yang didirikannya. Saat itu kemunculan anak-anak didik Anton ditandai dengan nama Geronimo I hingga V. Dari grup vokal Geronimo hadir sejumlah penyanyi solo terkenal di kemudian hari.