Indonesia Kecam Ujaran PM Israel Bakal Aneksasi Tepi Barat

PM Israel Benjamin Netanyahu, Foto Al Jazeera
PM Israel Benjamin Netanyahu, Foto Al Jazeera

Jakarta,Sayangi.com- Ancaman PM Israel Netanyahu akan serobot tanah menjadi perhatian Jakarta. Indonesia mengecam keras pernyataan Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu yang menjanjikan aneksasi atas sebagian wilayah Tepi Barat jika dirinya berkuasa kembali setelah Pemilu. Pemilu Israel yang akan digelar sepekan lagi.

“Pernyataan tersebut jelas bertentangan dengan hukum internasional dan berbagai resolusi PBB serta mengancam kelangsungan proses perdamaian,” demikian pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri Indonesia (Kemenlu), Rabu (11/9/2019).

Indonesia menyerukan kembali penyelesaian isu Palestina berdasarkan solusi dua negara dan parameter yang telah disepakati internasional.

Diwartakan sebelumnya Selasa (10/9), Netanyahu mengumumkan niatnya untuk mencaplok Lembah Yordan di wilayah Tepi Barat. Hal itu akan ia lakukan jika dirinya kembali memenangkan Pemilu pada pekan depan. Netanyahu mendeklarasikan niatnya tersebut dalam pidato yang disiarkan langsung di saluran TV utama Israel.

Netanyahu berujar Hari ini, saya mengumumkan niat saya, setelah pembentukan pemerintah baru, untuk menerapkan kedaulatan Israel ke Lembah Yordan dan Laut Mati utara.

Akan teteapi Liga Arab juga sudah mengecam keras rencana Netanyahu ini. Liga Arab menyebutnya hl tersebut sebagai bentuk agresi yang dapat merusak peluang perjanjian damai dengan Palestina.

sumber: Aljazeera