Perdana Menteri Tonga Akilisi Pohiva Hembuskan Nafas Terakhir

Akilisi Pohiva Perdana Menteri Tonga - Selandia Baru. Foto UN
Akilisi Pohiva Perdana Menteri Tonga - Selandia Baru. Foto UN

Wellington,Sayangi.com- Perdana menteri sekaligus dan tokoh demokrasi Tonga, Akilisi Pohiva, meninggal dunia, Kamis (12/9/2019) lantaran pneumonia. . Tokoh demokrasi Tonga ini meninggal di sebuah rumah sakit di Auckland, Selandia Baru, sehari setelah diterbangkan untuk menerima perawatan penyakitnya.

Dilaporkan AFP, Kamis (12/9/2019), pria berusia 78 tahun itu mengalami kondisi kesehatan yang buruk selama bertahun-tahun. Kantornya mengeluarkan pernyataan yang mendesak warga agar berdoa bagi kesehatan Pohiva.

Berbagai sumber berita, termasuk Radio Selandia Baru dan Australian Broadcasting Corporation, melaporkan bahwa Pohiva meninggal pada Kamis pagi di Rumah Sakit Kota Auckland. Saat awak media mengkonfirmasi kabar tersebut Pejabat di Tonga tidak bisa dihubungi. Dan kedutaan negara di Selandia Baru menolak mengomentari laporan tentang kematian Pohiva.

Pohiva, seorang mantan guru sejarah, adalah seorang pelopor kampanye untuk demokrasi di Tonga. Wilayah ini hingga kini masih sangat dipengaruhi budaya monarki, keluarga kerajaan, dan bangsawan. Dia terpilih menjadi anggota parlemen pada 1987 dan menjadi perdana menteri setelah meraih suara pemilih terbanyak di pemerintahan pada tahun 2014.

Akan tetapi Raja Tupou VI memecatnya secara efektif pada 2017 dengan membubarkan parlemen dan menyerukan pemilihan umum. Namun Pohiva menentang dengan harapan bisa memenangkan masa jabatan kedua.

Meski dengan kesehatan buruk, dia tetap aktif dan bulan lalu menghadiri Forum Kepulauan Pasifik di Tuvalu. Lewat forum itu, dia mendesak langkah nyata untuk mengatasi perubahan iklim.