China Mulai Berlakukan Scan Wajah Sebagai Alat Pembayaran

Scan Wajah. Foto TechCrunch
Scan Wajah. Foto TechCrunch

Beijing,Sayangi.com- Infrastruktur pembayaran seluler Cina adalah salah satu yang paling canggih di dunia. Bahkan kode QR sudah dianggap keringgalan jam. Saat ini, pembeli di Cina hanya perlu menunjukkan wajah mereka untuk membeli barang-barang yang diinginkan.

Metodenya adalah pelanggan cukup melakukan pembelian dengan berpose di depan mesin point-of-sale (POS). Mesin POS telah dilengkapi dengan kamera akan merekam gambar muka. Setelah itu,mesin akan terhubung ke sistem pembayaran digital atau rekening bank.

Teknologi pembayaran wajah (Facial Payment Technology) ini menjadi sistem terbaru pembayaran digital dan telah diluncurkan secara nasional. Kini, pelanggan tidak perlu membawa uang tunai, kartu, dompet bahkan smartphone.

“Saya bahkan tidak perlu membawa ponsel, saya bisa keluar dan berbelanja tanpa membawa apa pun,” kata Bo Hu, Kepala Petugas Informasi Toko Roti Wedome. Ia telah menggunakan mesin pembayaran wajah di ratusan tokonya.

Menurutnya setelah kelahiran teknologi pengenalan wajah, seseorang dapat menyelesaikan pembayaran tanpa membutuhkan hal lain seperti uang atau kartu bahkan ponsel.

sumber: Korea Times