PBB Bakal Melindungi Lokasi Keagamaan dan Rumah Ibadah

Sekjen PBB Antonio Guterres. Foto UN News
Sekjen PBB Antonio Guterres. Foto UN News

New York,Sayangi.com- Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres meluncurkan inisiatif baru. Ia mewacanakan untuk melindungi tempat-tempat keagamaan di seluruh dunia. Hal ini menyusul peningkatan serangan terhadap rumah ibadah.

Inisiatif ini bertujuan memberikan rekomendasi konkret untuk membantu negara memastikan setiap rumah ibadah dan jemaahnya aman, serta nilai-nilai kasih sayang dan toleransi dibina secara global.

“Tempat keagamaan seharusnya menjadi tempat untuk beribadah, bukan tempat berperang,” kata Gutteres. Juni lalu, sekjen PBB ini meluncurkan upaya menanggapi akar permasalahan dari ujaran kebencian, yang berulang kali diperingatkannya. Menurut Gutteres ujaran kebencian memicu sikap tidak toleran di seluruh dunia.

Pascapenyerangan dua masjid di Christchurch, Selandia Baru, yang menewaskan lebih dari 50 orang, Guterres mendatangi negara tersebut untuk menyampaikan belasungkawa.

Sejak saat itu, Guteres bersama perwakilan tinggi untuk Aliansi Sipil PBB mencoba mencari solusi. Guteres terus berupaya membicarakan hal ini dengan pemerintah, pemimpin keagamaan, organisasi agama, komunitas sipil, dan berbagai pihak lainnya untuk membuat rencana perlindungan situs-situs keagamaan.

sumber Associated Press