Kapolda Metro Apresiasi Tindakan Bripka Eka dan Berencana Beri Penghargaan

Jakarta, Sayangi.com – Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono menjelaskan, pihaknya akan memberi apresiasi terhadap Bripka Eka Setiawan. Video Eka sedang menempel di kap mobil viral di media sosial.

Menurut Argo, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono akan memberi penghargaan atas apa yang dilakukan Eka. Namun ia juga tidak menyarankan anggotanya melakukan aksi nekat seperti Eka.

“Kapolda sampaikan apresiasi. Tapi jangan diulangi lagi, itu rawan,” ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (17/9).

Argo berharap, apa yang dilakukan Eka tidak terulang kembali. Pasalnya, aksi Eka cukup berbahaya dan dikhawatirkan justru dapat mencelakakan diri sendiri.

“Kepada anggota lain jangan diikuti (aksi nekat saat bertugas). Kalau itu nanti tidak kuat tangannya atau direm mendadak oleh pelaku, itu bisa jatuh,” terangnya.

Saat ditanya apa bentuk penghargaan yang akan diberikan Kapolda terhadap Eka, Argo mengaku belum tahu. Menurutnya hal tersebut merupakan wewenang Kapolda langsung.

“Masalah penghargaan akan dibicaran dengan biro SDM, nanti dirumuskan. Nanti akan diberikan oleh Kapolda seperti apa bentuknya kita tunggu saja,” katanya.

Sebelumnya, kejadian tersebut terjadi di Jalan Raya Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (16/9). Awalnya Bripka Eka berencana memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan tersebut, namun pengemudi tidak kooperatif dan berusaha kabur.

Untuk mencegah pengemudi tersebut melarikan diri, petugas menghadang menggunakan mobil derek Dishub DKI. Namun pengemudi tetap berusaha melarikan diri, bahkan menabrak petugas yang menghadangnya.