Masif Karhutla, Sekjen PGK Tuntut Pengusaha Perkebunan Besar Dicari dan Ditangkap!

Sekjen DPP PGK Riyan Hidayat

Jakarta, Sayangi.com – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di sejumlah wilayah Sumatera dan Kalimantan banyak mendapat sorotan kritik dari berbagai kalangan. Sekretaris Jenderal Perkumpulan Gerakan Kebangsaan Riyan Hidayat menyoal pihak-pihak yang mestinya mampu bertanggungjawab malah seolah kecolongan.

“Saya mempersoalkan pemerintah daerah bersangkutan seperti Gubernur, Bupati, Kapolda, Kapolres, Pangdam, Danrem, Dandim dan seterusnya. Mereka ini seolah kecolongan. Pemerintah pusat harus bersikap tegas dan jelas”. Ujarnya melalui pesan whatsapp.

Riyan menilai bahwa kasus karhutla bukan peristiwa alamiah. “Saya menilai karhutla yang terjadi belakangan bukan peristiwa alamiah terjadi begitu saja. Ada jajaran pengusaha besar yang harus bertanggungjawab”. Ungkapnya.

Ia miris melihat rakyat kecil yang ditangkap sedangkan pengusaha besar dibelakangnya tidak.

“Saya miris. Jangan hanya menangkap rakyat kecil yang disuruh membakar, tapi tangkap pengusaha besar dibelakangnya.” Katanya.

Selanjutnya, Riyan juga mengajak seluruh elemen bangsa agar turut serta mengawal, bersimpati dan peduli terhadap penyelesaian kebakaran hutan yang terjadi.

“Mari kita semua kawal dan turut bersimpati dan peduli terhadap penyelesaian karhutla. Jangan sampai peristiwa ini terulang. Sekali lagi, pemerintah harus tegas dan jelas dalam menyelesaikan persoalan karhutla. Kasihan rakyat.” Tutupnya.