Konsumsi Pisang Secara Teratur Hambat Munculnya Asam Urat

Foto IDPelago
Foto IDPelago

Jakarta,Sayangi.com- Salah satu penyakit yang banyak sekali diidap oleh masyarakat Indonesia adalah asam urat. Melansir laman Klik Dokter (18/9/2019), pada dasarnya penyakit ini adalah penumpukan kadar asam urat yang akhirnya membentuk kristal monosodium urat yang akan menumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan gangguan peradangan pada area persendian.

Semua sendi di tubuh bisa terdampak asam urat, tapi biasanya yang paling sering terserang adalah sendi jari tangan, jari kaki, lutut, dan pergelangan kaki.

Pada kondisi normal, kadar asam urat ini biasanya larut dalam darah dan dibuang lewat urin. Nah ketika jumlahnya tinggi, tubuh akan menumpuknya dalam bentuk kristal yang akhirnya jadi penyebab asam urat.

Satu diantara penyebab orang menderita asam urat adalah makanan yang tidak dijaga dengan baik. Pilihan makanan tertentu bisa menyebabkan peningkatan asam urat di dalam tubuh. Makanan adalah penyebab asam urat paling utama. Hal ini bisa dijelaskan melalui sebuah siklus antara zat purin dan asam urat alami yang dihasilkan tubuh.

Bagi individu yang cenderung mengalami asam urat tinggi,harus mengatur pola makan yang baik, salah satunya disarankan banyak makan pisang.

Buah pisang memiliki kandungan purin rendah dan vitamin C yang tinggi. Vitamin C diketahui dapat menurunkan risiko penyakit asam urat dan mengurangi efek asam urat di dalam tubuh.

Sebuah penelitian tahun 2009 dari PubMed Central dalam Archives of Internal Medicine, menyebutkan bahwa pisang memiliki kandungan purin rendah dan vitamin C yang tinggi sehingga sangat sehat dikonsumsi setiap hari oleh penderita asam urat.

Vitamin C diketahui dapat menurunkan risiko penyakit asam urat dan mengurangi efek asam urat di dalam tubuh.