Serangan Taliban Porak Porandakan Rumah Sakit

Ilustarsi serangan Taliban ke rumah sakit. Foto BBC
Ilustarsi serangan Taliban ke rumah sakit. Foto BBC

Kabul,Sayangi.com- Serangan bom di Afghanistan telah menyasar ke sebuah rumah sakit.Dilaporkan sedikitnya 10 orang tewas dalam peritiwa oni. Menueur laporan rumah sakit meledak setelah sebuah truk berisi bahan peledak diledakkan oleh milisi Taliban di luar sebuah rumah sakit.

Peristiwa memilukan ini terjadi di Kota Qalat wilayah Selatan Afghanistan selatan, tidak sedikit dokter dan pasien yang menjadi korban. Kelompok Taliban mengatakan mereka menargetkan kantor intelijen pemerintah, di sebelah rumah sakit.

Jumlah korban tewas terbaru dari serangan Kamis pagi di Provinsi Zabul masih belum jelas. Kepala dewan provinsi mengatakan dia meyakini sebanyak 20 dipastikan tewas dengan hampir 100 orang terluka.

Orang-orang di tempat kejadian menggambarkan mereka melihat perempuan dan anak-anak ditarik dari reruntuhan. Itu mengerikan,” kata mahasiswa universitas Atif Baloch, menurut kantor berita AFP.

Kepada perwakilan Reuters pejabat senior kementerian pertahanan di Kabul menyatakan bahwa bom besar dibawa dengan truk mini.

Awal pekan ini penelitian BBC mengungkapkan awal pekan ini ahwa setidaknya 473 warga sipil telah tewas di Afghanistan selama Agustus. Namun, Taliban telah menolak untuk bertanggung jawab atas jatuhnya korban warga sipil.

Sedangkan dalam sebuah wawancara dengan kepala koresponden internasional BBC Lyse Doucet awal pekan ini, kepala perunding Taliban Sher Mohammad Abbas Stanikzai menyalahkan pejuang asing atas jatuhnya korban sipil. Kelompok itu telah melakukan serangan hampir setiap hari di tengah perundingan damai yang memanas dan menjelang pemilu ,ujar Abbas.

sumber: AFP