Pemerintah Taiwan Kembangkan Wisata Halal

Ilustrasi makanan halal di resto Taiwan. Foto Taiwan Halal
Ilustrasi makanan halal di resto Taiwan. Foto Taiwan Halal

Taipei,Sayangi.com- Seiring banyaknya pekerja dan wisatawan dari negara muslim seperti Indonesia, Malaysia dan Timur Tengah, pemerintah Taiwan menggencarkan program makanan halal.

Trent Tseng, pegawai dari Kementerian Luar Negeri (MOFA) Taiwan Bidang Media menanyakan untuk ketigakalinya kepada jurnalis soal menu jamuan makan malam.Dia sedikit berhati-hati ketika menanyakan menu yang akan dipilih kepada jurnalis beragama muslim yang turut dalam program Indo-Pacific Group di Taiwan yang berlangsung 22-27 September 2019.

Pasalnya, restoran yang sudah dipesan memiliki sajian istimewa berbahan daging non halal. Trent pun memberi pilihan bahwa di restoran itu juga tersedia menu seafood, daging ayam, daging sapi atau memilih restoran lain.

“Jangan sampai kalian (jurnalis muslim]) nanti makannya daging babi,” kata Trent menegaskan dalam sebuah obrolan dengan awak media¬† di kota Taipei, Senin (23/9/2019).

Sebenarnya sebelum berangkat menuju Taipei, sejumlah jurnalis muslim telah memberikan keterangan soal makanan halal. Tetapi ketika sampai di Taipei, hal itupun kembali ditegaskan untuk menghindari kekeliruan

Konselor Departemen Layanan Informasi Internasional, Kemenlu (MOFA) Taiwan Lung-Tung Chiu menyebutkan bahwa Taiwan termasuk kawasan populer yang dikunjungi oleh wisatawan muslim. Jika saya tidak salah, ada lebih dari 200 restoran halal bersertifikat. Ini sangat penting karena pekerja profesional dari Timur Tengah, negara Asean terus bertambah,”¬†ujarnya.

Pada tahun 2016, layanan MasterCard mengumumkan peringkat Global Muslim Travel Index bahwa Taiwan berada di peringkat 7 kawasan populer yang dikunjungi wisatawan muslim yang berada di luar Organisasi Kerja Sama Islam.

sumber: Barnama