Malaysia Bakal Lakukan Uji Coba Jaringan 5G

Foto Digital Trends
Foto Digital Trends

Kuala Lumpur,Sayangi.com-Malaysia akan mulai menguji coba jaringan 5G bulan depan. Langkah ini menjadikan Malaysia sebagai salah satu negara Asia pertama yang meluncurkan teknologi tersebut.

Pemerintah Malaysia ingin mulai meluncurkan layanan internet ultra-cepat itu mulai awal tahun depan. Malaysia mengizinkan perusahaan-perusahaan telekomunikasinya bekerja sama dengan Huawei asal China.

Huawei merupakan perusahaan pembuat peralatan telekomunikasi terbesar di dunia. Huawei masuk dalam daftar hitam Amerika Serikat (AS) pada Mei setelah Washington menuduh peralatan perusahaan itu dapat digunakan untuk mata-mata. Huawei menyangkal tuduhan AS tersebut.

Tindakan AS itu membuat banyak negara lain turut melarang kerja sama dengan Huawei. Namun Malaysia menegaskan tidak khawatir dengan tuduhan AS terhadap Huawei.

Kerajaan Malaysia  lebih mengutamakan harga produk-produk Huawei yang lebih terjangkau dibandingkan produk pesaing.Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia Gobind Singh Deo saat acara industri menyatakan Harapan dari komitmen awal Malaysia pada 5G, untuk secara cepat mengembangkan lokasi uji coba 5G.

Dan proyek demonstrasi di penjuru negeri, akan memposisikan negara ini sebagai salah satu pemimpin penerapan 5G di dunia,” ungkap Gobind Singh Deo.

Sumber:Reuters