Peringati HUT ke-16, BPH Migas Gelar Hilir Migas Expo 2019

Jakarta, Sayangi.com – Dalam rangka hari ulang tahun Pertambangan ke-74, serta hari jadi BPH Migas ke-16, Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar serta Kepala BPH Migas, M Fanshurullah Asa resmi membuka acara Hilir Migas Expo (HME) 2019. Acara ini digelar di Assembly Hall JCC Senayan, Jakarta, 27-28 September 2019.

Tema yang diusung dalam acara ini ialah “Menyongsong Revolusi 4.0 dalam Industri Hilir Migas”. Kegiatan yang dilaksanakan dalam HME 2019 antara lain, seminar dengan beberapa pembicara ahli, serta pameran yang diikuti oleh Badan Usaha, Perguruan Tinggi, dan unit-unit di lingkungan Kementerian ESDM.

Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar mengatakan, dirinya menyambut baik pelaksanaan HME 2019 ini. Menurutnya, kegiatan ini merupakan momentum yang tepat dalam pembenahan tata kelola kegiatan hilir Migas yang dituntuk untuk memiliki pelayanan yang lebih cepat, lebih mudah dan berbiaya murah.

“Saya harapkan BPH Migas dapat menuju ke arah tersebut karena tugas BPH Migas kedepan akan semakin berat. Tuntutan kemajuan teknologi yang begitu pesat serta pola gaya hidup manusia akan menjadi ancaman dalam pengelolaan kegiatan hilir Migas,” ujar Arcandra di JCC Senayan.

Di tempat yang sama, Kepala BPH Migas M Fanshurullah Asa mengatakan, HME 2019 merupakan even pertama pihaknya bersama Kementerian ESDM. Ia berharap acara ini dapat mendorong pertumbuhan kegiatan di usaha hilir Migas.

“Kami juga siapkan business dealing area untuk para Badan Usaha yang memang akan melakukan kerjasama, karena kami membuka ruang dan waktu bagi para Badan Usaha di sektor Hilir Migas untuk dapat berinteraksi. Kami harapkan ini dapat menjadi momentum pengelolaan Hilir Migas yang lebih baik,” ujar pria yang biasa disapa Ifan ini.

BPH Migas, lanjut Ifan, juga berharap dapat mewujudkan lima visi Presiden Joko Widodo. Sehingga diharapkan tujuan menciptakan energi berkeadilan dapat segera terlaksana.

“Kami sampaikan bahwa BPH Migas ingin mewujudkan lima visi presiden, yaitu infrastruktur, investasi, reformasi birokrasi, SDM unggul, dan menggunakan APBN tepat sasaran,” tuturnya.

Selain itu, sebagai bentuk penghargaan kepada Bupati dan Badan Usaha yang telah memberikan dukungan penuh terhadap program-program Pemerintah, BPH Migas menganugerahkan penghargaan kepada Bupati dan Pemerintah Daerah terbaik, yang telah melaksanakan Program BBM 1 Harga.

Hadir dalam pembukaan Hilir Migas Expo 2019 ini, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Kakorsabhara Baharkam Polri Irjen Pol Bambang Ghiri dan Komite BPH Migas.