Menyejukkan, Polisi di Padang Antarkan Mahasiswa Demo Pulang

Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Fakhrizal mendengarkan orasi yang disampaikan oleh Ketua Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Sumatera Barat Ihda Rizky saat melakukan unjuk rasa di Mapolda Sumbar pada Jumat (27/9/2019).

Padang, Sayangi.com – Pihak kepolisian mengantar puluhan mahasiswa dari DPD Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Sumbar yang menggelar demo di depan Mapolda pada Jumat pulang menggunakan mobil ke berbagai tujuan.

“Ada delapan unit mobil gabungan dari Polresta Padang serta Polda yang dikerahkan untuk mengantarkan kepulangan adik-adik mahasiswa yang demo sore ini,” kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Padang Kompol Asril Prasetya di Padang, Jumat, seperti dilaporkan kantor berita Antara.

Empat unit mobil mengantar massa ke daerah Sawahan Padang, satu unit ke Masjid Taqwa, dan satu unit ke Muaro Panjalinan.

Tidak hanya di Kota Padang, dua unit mobil juga mengantarkan mahasiswa ke Kota Bukittinggi.

Peristiwa ini tergolong menyejukkan mengingat aksi mahasiswa di sejumlah daerah diwarnai bentrokan dengan aparat kepolisian.

Pada bagian lain, demo dilakukan ratusan mahasiswa dari DPD Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Sumatera Barat.

Mereka meminta polisi mengusut tuntas kasus penembakan kader IMM Randi di Kendari dalam aksi unjuk rasa di Kendari Sulawesi Tenggara.

Ketua Umum DPD IMM Ihya Rizki dalam orasinya mengatakan kedatangan ke Mapolda Sumbar itu sebagai aksi solidaritas karena kader IMM menjadi korban penembakan.

“Kami minta agar kasus ini diusut tuntas oleh kepolisian,” kata dia di Padang.

Selain itu mereka meminta agar pelaku penembakan diproses secara tegas dan dipecat dari kepolisian.

“Kami ingin kasus ini diungkap secara tuntas dan kami datang menyampaikan aspirasi kepada Kapolda Sumbar agar menyampaikan aspirasi ini ke Mabes Polri,” katanya.

Aksi yang berlangsung damai itu dikawal ratusan polisi dan diterima langsung oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal.

Usai menyampaikan orasi dan berdialog dengan Kapolda, massa membubarkan diri dengan tertib.