China Akan Tunjukan Senjata Terbaru Dan Tercanggih

Foto SCMP
Foto SCMP

Beijing,Sayangi.com- China akan mengadakan salah satu parade militer terbesarnya pada Selasa (1/10) sebagai bagian dari perayaan 70 tahun kekuasaan Partai Komunis. Beijing berjanji memamerkan sejumlah persenjataan baru yang dikembangkan di dalam negeri.

Parade militer–bagian dari hari perayaan hari berdirinya China akan berlangsung di Lapangan Tiananmen. Parade militer akan melewati di depan para pejabat, anggota masyarakat yang terpilih, dan 188 atase militer dari 97 negara.

Juru bicara kementerian pertahanan baru-baru ini mengatakan Tiongkok tidak memiliki niat atau kebutuhan memamerkan atau melenturkan ototnya lewat ajang ini. Tetapi fokusnya adalah untuk menunjukkan ‘Negeri Tirai Bambu’ yang cinta damai dan bertanggung jawab. Namun, besarnya parade ini telah menuai kekaguman sekaligus cibiran.

Kementerian Pertahanan Nasional Tiongkok telah melaporkan15.000 personel militer akan ambil bagian, termasuk 59 elemen militer yang berbeda, sementara 580 peralatan militer akan diarak di jalan-jalan dan 160 pesawat terbang mengudara dan bermanuver di langit.

Dikabarkan Presiden Xi Jinping akan meninjau pasukan di sepanjang Chang’an Avenue. POsisi jalan ini berada di Jalan raya utama Beijing. Saat parade Jinping akan memeriksa sejumlah personel militer, kendaraan lapis baja dan formasi pesawat terbang akan melewati Lapangan Tiananmen.

Untuk pertama kalinya, sebuah kontingen dari pasukan penjaga perdamaian Tiongkok di PBB yang berkekuatan 8.000 personel akan berpartisipasi. Dalam parade kali ini China akan mempertotonkan rudal balistik antarbenua road-mobile DF-41 terbaru.

Menurut para analis Tiongkok mampu menargetkan setiap bagian dari dunia, akan diluncurkan. Sistem rudal balistik lain adalah DF-17, yang mampu membawa hulu ledak nuklir dan konvensional.