Saudi Ingatkan Jika Ketegangan dengan Iran Meningkat Harga Minyak Bakal Meroket

Putra Mahkota Arab Saudi, Muhammad bin Salman. (Abna)

Riyard,Sayangi.com- Putra Mahkota Arab Saudi Muhammad bin Salman memperingatkan bahwa harga minyak dunia bisa melambung ke tingkat yang luar biasa tinggi jika komunitas internasional tidak mengambil sikap keras dan kukuh terhadap Iran.

“Jika dunia tidak mengambil tindakan keras dan kukuh untuk menciutkan nyali Iran, ketegangan akan meningkat dan mengancam kepentingan dunia,“ kata putra mahkota itu kepada program berita televisi mingguan AS “60 Minutes”.

Wawancara ini diudarakan Minggu 29 September 2019. Atau 15 hari setelah serangan terhadap fasilitas minyak Arab Saudi. Serangan tersebut telah mengacaukan sekitar 50 persen produksi minyak mentah negara itu dan lima persen suplai minyak dunia.

Pengusaha de facto Arab Saudi itu, dan Menlu AS Mike Pompeo, menyebut serangan tersebut tindakan perang. Keduanya   juga menuduh Iran, musuh utama Saudi di kawasan tersebut sebagai dalang peristiwa 14 Septemeber tersebut. Perancis serta  Jerman, dan Inggris juga menuding Teheran melangsungkan serangan itu.

Iran membantah terlibat, sementara kelompok pemberontak Houthi yang berbasis di Yaman mengklaim bertanggungjawab atas insiden itu,serangan kilang minyak Arab Saudi.

sumber: VOA