Eurostar dan Thaly Bangun Kereta Cepat Hubungkan 5 Negara

Foto The Independent
Foto The Independent

Paris,Sayangi.com- Eurostar dan Thaly, perusahaan kereta api berkecepatan tinggi, tengah merencanakan membangun jaringan kereta api raksasa yang menghubungkan lima negara. Keputusan ini merespons terhadap meningkatnya permintaan perjalanan yang berkelanjutan.

Operator kereta api negara Prancis, SNCF pemilik saham mayoritas di kedua perusahaan tersebut, menjuluki proyek ini “Green Speed”. Perusahaan ini telah mempresentasikan ide tersebut kepada para pemegang saham.

SNCF mengklaim proyek ini bertujuan menciptakan perjalanan kereta api berkecepatan tinggi Eropa yang berkelanjutan. Proyek ini ingin mendorong mesyarakat untuk menggunakan kereta daripada pesawat atau mobil pribadi.

“Tujuannya adalah untuk meningkatkan kapasitas dari 18,5 juta penumpang saat ini per tahun. Dan rencanya menargetkan hampir 30 juta pada pada 2030,” ujar Pimpinan SNCF,Guillaume Pepy.

Penggabungan dua perusahaan kreta api tersebut, diharapkan bisa memberikan pelancong pengalaman baru yang lebih yang lebih mulus. Penumpang hanya menggunakan satu tiket untuk seluruh perjalanan.

SNCF juga menyoroti keinginannya untuk memaksimalkan penggunaan energi terbarukan untuk armadanya pada 2030. Dan pilihan terhadap moda Kereta Api untuk mengurangi emisi karbon di masa depan.

‚ÄúTantangan perubahan iklim dan permintaan untuk perjalanan yang bertanggung jawab terhadap lingkungan menuntut respons yang ambisius. Menyatukan kekuatan Eurostar dan Thalys akan menjadi respons yang kuat untuk tantangan ini,”ujarnya.

CEO SNCB dan pimpinan Thalys, Sophie Dutordoir, menambahkan kereta adalah solusi yang paling aman, paling berkelanjutan, tercepat dan paling efisien untuk bepergian di Eropa.

Eurostar saat ini menghubungkan 14 kota di Inggris, Prancis, Belgia dan Belanda. Sementara Thalys melayani 26 tujuan di Belgia, Prancis, Belanda, dan Jerman.

sumber Independent.co.uk.