Polri Sebut Kericuhan Saat Aksi di DPR Ulah Penyusup

Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo. (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, ada pihak yang menyusup dalam demonstrasi mahasiswa dan pelajar, yang dilakukan di dengan gedung DPR/MPR, Senin (30/9) kemarin.

Menurutnya, para penyusup tersebut berpura-pura menjadi mahasiswa dan pelajar dan ikut dalam aksi unjuk rasa. Namun mereka berniat membuat aksi yang sebelumnya damai menjadi anarkis.

Hal ini terungkap saat tim Brimob Polda Metro Jaya menangkap sejumlah orang, yang ditengarai sebagai provokator dalam aksi unjuk rasa tersebut.

“Hasil penangkapan dari Brimob Polda Metro kemarin, ada beberapa orang yang menyusup dan menggunakan seragam STM. Jadi aksi anarkis kemarin itu bukan berasal dari mahasiswa dan pelajar murni, tetapi ada penyusup,” ujar Dedi di Mabes Polri, Selasa (1/10).

Pola seperti ini, kata Dedi, telah dibaca oleh pihak kepolisian. Karena pola seperti ini juga pernah dilakukan saat unjuk rasa sengketa hasil Pilpres pada bulan Mei lalu.

“Pola penyusupannya sama seperti aksi rusuh yang terjadi pada tanggal 21 dan 22 Mei kemarin,” jelasnya.

Seperti diketahui, sejumlah mahasiswa dan pelajar menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung DPR/MPR, Senin (30/9). Mereka menuntut pembatalan revisi Undang-undang KPK dan RKUHP.