Paripurna Akan Tetapkan Puan Maharani Sebagai Ketua DPR

Puan Maharani (kanan) akan ditetapkan sebagai Ketua DPR RI

Jakarta, Sayangi.com – Pimpinan DPR sementara Abdul Wahab Dalimunthe mengatakan Rapat Paripurna DPR pada Selasa pukul 19.00 WIB akan menetapkan Puan Maharani sebagai Ketua DPR periode 2019-2024.

“Rapat konsultasi pimpinan DPR sementara dengan wakil partai politik DPR pengganti rapat badan musyawarah telah menetapkan jadwal rapat paripurna dan pimpinan DPR,” kata Abdul Wahab ditemui sesuai rapat konsultasi di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa.

Politisi Partai Demokrat itu mengatakan pemilihan pimpinan DPR periode 2019-2024 berbeda dengan periode sebelumnya. Lima pimpinan DPR, yaitu ketua dan empat wakil ketua, akan dijabat oleh lima besar partai politik pemenang pemilu.

Karena itu, posisi pimpinan akan ditentukan oleh fraksi-fraksi yang memiliki suara lima besar terbanyak di DPR. Masing-masing fraksi sudah menyerahkan nama-nama anggotanya yang akan menjadi pimpinan DPR.

“Hanya Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang belum menyerahkan nama untuk menjadi pimpinan DPR,” tuturnya.

Tiga wakil ketua DPR yang sudah dipastikan oleh fraksi-fraksi yang mendapat jatah kursi pimpinan DPR. Untuk Golkar adalah Azis Syamsuddin, Gerindra adalah Sufmi Dasco Ahmad, dan NasDem adalah Rachmat Gobel.

Anggota DPR tertua itu mengatakan rapat konsultasi juga sudah menetapkan sembilan fraksi yang ada di DPR, yaitu partai-partai politik yang mendapatkan kursi di DPR.

Selain menetapkan pimpinan DPR, rapat paripurna DPR juga mengagendakan pengucapan sumpah dan janji pimpinan DPR dan pidato perdana ketua DPR definitif.

Sebanyak 575 anggota DPR dan 136 anggota DPD periode 2019-2024 mengikuti pelantikan yang diadakan di Ruang Sidang Paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa.

Pelantikan anggota DPR/DPD/MPR dipimpin Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali, dihadiri Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua dan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan tamu undangan lainnya.