Iran Bakal Segera Dialog dengan Arab Saudi

Menlu Iran Javad Zarif, Foto Al Arabiya
Menlu Iran Javad Zarif, Foto Al Arabiya

Bagdad,Sayangi.com- Ketua Parlemen Iran, Ali Larijani menyatakan, negaranya menyambut baik preferensi putra mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) untuk menyelesaikan masalah perundingan. Menurutnya, Teheran terbuka dengan gagasan untuk memulai dialog dengan Arab Saudi.

“Iran terbuka untuk memulai dialog dengan Arab Saudi dan negara-negara lain di kawasan itu,” kata Larijani di Teheran, seperti dikutip dari Al Jazeera, Selasa (1/10). “Dialog Iran-Saudi dapat menyelesaikan banyak masalah keamanan dan politik di kawasan itu,” lanjutnya.

Larijani juga mengatakan, Arab Saudi tidak perlu bergantung atau bergantung pada sekutu utamanya, Amerika Serikat (AS). “Riyadh dapat mengajukan proposal untuk dibahas di meja dialog Iran-Saudi tanpa prasyarat dari pihak kami

Kami juga menyambut baik apa yang telah diungkapkan, bahwa Pangeran Mohammed bin Salman ingin berdialog, karena mungkin baik mengetahui bahwa Arab Saudi memikirkan kepentingan kawasan,” tambahnya.

Pernyataan ini dilontarkan Larijani beberapa hari setelah MBS mengatakan kepada saluran CBS, bahwa ia akan lebih memilih resolusi damai dengan Iran dalam menyelesaikan sengketa keamanan regional, dari pada terlibat konflik militer.

sumber : Al Arabiya

Menlu Iran, Javad Zarid,Dialog Iran-Saudi, Aramco,Internasional