Otoritas Israel Perintahkan Tahanan Rumah Pelaku Pelecehan Seksual Asal Australia

Malka Leifer pelaku pelecehan terhadap murid sekolah di Australia. Foto Metro UK
Malka Leifer pelaku pelecehan terhadap murid sekolah di Australia. Foto Metro UK

Tel Aviv,Sayangi.com- Sebuah pengadilan Israel telah memerintahkan agar seorang Malka Leifer yang dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap para siswa sekolah di Australia dikeluarkan dari penjara. Israel memberi manatan pendidik ini dikenai tahanan rumah sementara ia berjuang melawan kemungkinan diekstradisi.

Australia ingin Malka Leifer diektradisi untuk menghadapi 74 dakwaan pelecehan seksual. Perlakuan tidak senonoh telah dilakukannya terhadap sejumlah siswa perempuan sewaktu ia menjabat sebagai kepala sebuah sekolah keagamaan Yahudi di Melbourne. Para penuntut mengatakan, Leifer menggunakan alasan gangguan mental untuk menolak ekstradisi itu.

Dalam keputusannya, Rabu (2/10), pengadilan itu mengatakan, Leifer bisa dibebaskan hari Jumat pekan ini. Ia akan tinggal di rumah saudara perempuannya dan diawasi lima orang yang ditunjuk pengadilan.

Para penuntut memiliki waktu hingga Jumat untuk mengajukan banding.
Kol V’Oz, kelompak advokasi Israel yang menentang pelecehan seksual terhadap anak, menyebut keputusan pengadilan itu tidak benar. Mereka mengatakan, jika Leifer dalam kondisi tidak sehat, ia seharusnya di penjara atau rumah sakit hingga ia dipulangkan ke Australia.

sumber: voa news