Perangi Bullying, Instagram Hadirkan Fitur Restrict

Ilustrasi Restricted IG. Foto Getty Image
Ilustrasi Restricted IG. Foto Getty Image

Jakarta,Sayangi.com- Cyber  Bully atau penindasan di dunia maya belakangan ini memang menjadi isu penting di banyak negara, termasuk Indonesia. Berangkat dari fenomena tersebut Instagram akhirnya meluncurkan fitur baru yang disebut, Restrict.

Fitur Restrict didesain untuk melindungi setiap akun dari komentar negatif yang terindikasi penindasan. Melalui rilisnya, Instagram mengaku berusaha untuk menjadi pemimpin industri yang melawan bullying di dunia maya dan akan terus membangun komitmen tersebut dalam waktu yang tak terbatas.

Untuk menggunakannya pemilik Instagram hanya perlu menggeser ke kiri pada kolom komentar, melalui tab privacy di menu pengaturan atau dapat langsung di akun profil yang ingin dibatasi.

Saat Restrict telah diaktifkan, semua komen di akun anda dari orang tersebut hanya dapat dilihat oleh orang itu. Anda juga dapat memilih untuk melihat komentar dengan memilih “See Comment,” .

Jika komentar sudah di setujui oleh pemilik akun membuat semua orang dapat melihat; menghapus; atau mengabaikan. Pemilik akun juga tidak akan menerima pemberitahuan untuk komentar dari akun yang sudah dibatasi.

Tak hanya untuk komentar, direct message akan secara otomatis berpindah ke Message Request. Hal tersebut menjadi tidak akan ada pemberitahuan dari akun yang dibatasi.

Pemilik akun tetap dapat melihat pesan tersebut, tetapi akun yang dibatasi tidak akan dapat melihat apakah pesan tersebut sudah dibaca atau ketika pemilik akun tengah aktif di Instagram.

Jika memang ingin membaca, pemilik akun dapat memilih ‘Unrestrict’ akun dan pesan lainnya dapat masuk ke inboxnya. Instagram juga mengajak komunias kreatif untuk membantu anak muda berbicara dan menyebarkan hal positif di setiap akun. Baru-baru ini, Instagram membuat stiker “Create Don’t Hate’ di Instagram stories.

sumber:CNN