Ditangkap Polisi, Artis Lenong Rifat Umar Ngaku Sudah Setahun Konsumsi Ganja

Polisi memperlihatkan sejumlah barang bukti dan tersangka dalam kasus yang melibatkan Rifat Umar di Mapolda Metro Jaya, Jumat (4/10). (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo).

Jakarta, Sayangi.com – Ditrenarkoba Polda Metro Jaya mengungkap kasus penyalahgunaan narkoba jenis ganja. Dalam kasus ini, polisi mengamankan tiga orang berinisial RU, RR dan seorang perempuan berinisial T.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, awalnya pihak kepolisian menangkap Rifat Umar (RU) dan RR di kawasan Jalan Melati, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Saat digeledah, di dalam mobil ditemukan ganja seberat 83,9 gram.

“Setelah kita geledah kita dapat beberapa barang bukti ganja di dalam mobil. Ganja dimasukkan dalam kaleng, ada 83,9 gram,” ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Jumat (4/10).

Tidak berhenti di situ, lanjut Argo, polisi kembali bergerak ke rumah kos Rifat masih di wilayah yang sama. Di sana polisi kembali menemukan ganja.

“Tim juga melakukan penggeledahan di kamar RU, di sana perempuan berinisial T. Ada ganja di bawah tempat tidur dan di meja seberat 89,83 gram. Lalu di rumah RR kita temukan timbangan,” paparnya.

Lebih jauh Rifat mengaku, bahwa ganja tersebut didapatnya dari RR. Selain itu, artis yang pernah bermain dalam film Janda Kembang ini juga mengaku telah setahun mengkonsumsi ganja.

“Telah kita lakukan tes urine terhadap RU dan RR, dan hasilnya mereka positif amphetamine. RU mengakui sudah setahun konsumsi ganja,” katanya.

Akibat perbuatannya, kedua tersangka akan dijerat dengan Pasal 111 ayat 2 juncto Pasal 114 ayat 2 subsider Pasal 132 Undang-undang Republik Indonesia No.35 tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara.