Disembunyikan Dalam Kaleng Biskuit, Pria Ini Coba Kirim Sabu Untuk Umar Kei

Jakarta, Sayangi.com – Ditresnarkoba Polda Metro Jaya menangkap seorang kurir narkoba berinisial MH pada Sabtu (28/9) lalu. MH ditangkap setelah berusaha memasukkan sabu ke tahanan Mapolda Metro Jaya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, MH ditangkap di parkiran sepeda motor Mapolda Metro Jaya. Gerak gerik MH yang mencurigakan ternyata telah diketahui pihak kepolisian.

“Setelah kita lakukan pemeriksaan, MH ini ternyata membawa narkotika jenis sabu. Sabu tersebut dimasukkan ke dalam kaleng biskuit dan kalengnya kembali ditutup, sehingga seolah-olah baru,” ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Senin (7/10).

Sabu tersebut, lanjut Argo, diletakkan tersangka di dasar kaleng biskuit tersebut. Setelah kaleng tersebut dibuka oleh petugas, ditemukan barang bukti sabu seberat 20,95 gram.

“Lalu tersangka juga membawa botol air mineral untuk menyimpan cangklong. Jadi cangklong yang dibawa tersangka ini bening, sehingga jika dimasukkan ke dalam botol secara kasat mata tidak terlihat,” terangnya.

Dari hasil pemeriksaan, lanjut Argo, MH sudah tiga kali memasukkan sabu ke Rutan Mapolda Metro Jaya. Sabu tersebut merupakan pesanan narapidana, salah satunya ialah Ketua Front Pemuda Muslim Maluku, Umar Kei.

“Kita juga lalukan penggeledahan di sel Umar Kei dan kita temukan cangklong. Sementara di sel EPB, AY dan IN yang masih satu blok dengan Umar Kei ada barang bukti sabu dalam plastik klip,” jelasnya.

Lebih lanjut Argo menjelaskan, MH mendapat perintah untuk mengantarkan sabu dari seseorang. Dalam setiap pengiriman, MH mendapat upah sebesar Rp 1 juta.

“Saat ini masih didalami siapa pemilik sabu ini dan siapa yang memerintahkan MH mengirim,” katanya.

Para tersangka akan dijerat dengan Pasal 114 ayat 2 subsider Pasal 112 ayat 2 juncto Pasal 132 ayat 1 Undang-Undang Republik Indonesia No 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Mereka terancam hukuman pidana seumur hidup dan denda maksimal Rp 10 miliar.