Presiden Jokowi Bertemu PM Lee Hsien Long di Singapura

Presiden Joko Widodo bersama PM Lee Shien Long menginspeksi pasukan di Istana, Singapura pada Selasa (8/10). Keduanya bertemu untuk mengikuti Pertemuan Tahunan Pimpinan Indonesia-Singapura (Indonesia-Singapore Annual Leader's Retreat).

Singapura, Sayangi.com – Presiden Joko Widodo tiba di Singapura pada Selasa (8/10) untuk mengikuti Pertemuan Tahunan Pimpinan Indonesia-Singapura (Indonesia-Singapore Annual Leader’s Retreat).

Saat tiba di Istana, kediaman dan kantor resmi Presiden Singapura, Presiden Joko Widodo disambut oleh PM Lee Shien Long dan langsung mengikuti upacara penyambutan. Presiden Jokowi juga menginspeksi pasukan bersama dengan PM Lee.

Menurut Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi, Presiden Jokowi dan PM Singapura Lee Hsien Long akan membahas mengenai investasi hingga pendidikan vokasi.

Leader’s Retreat merupakan pertemuan tahunan antarkepala pemerintahan kedua negara yang diselenggarakan secara bergantian di Indonesia atau Singapura.

Dalam pertemuan Leaders Retreat yang berlangsung di di Nusa Dua, Bali pada 11 Oktober 2018, Pemerintah Indonesia dan Singapura mendorong penguatan kerja sama ekonomi kedua negara, khususnya di bidang investasi termasuk Kendal Industrial Park dan Nongsa Digital Park.

Kendal Industrial Park merupakan kawasan industri terbesar di Jawa Tengah yang menjadi proyek kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Singapura. Saat peresmian awal di tahun 2016 lalu, Presiden Jokowi menyebut bahwa bentuk kerja sama tersebut merupakan ikon baru bagi perwujudan kerja sama kedua negara.

Sementara Nongsa Digital Park merupakan kawasan yang terletak di Kota Batam, Kepulauan Riau, yang berfokus pada pengembangan ekonomi kreatif berbasis digital. Kawasan yang diresmikan pada 2018 lalu tersebut menjadi jembatan digital antara Indonesia dengan Singapura.

Menlu Retno mengatakan, investasi Singapura di Indonesia saat ini salah satu yang paling besar. Angka penanaman modal Singapura ke Indonesia pada 2018 tercatat sebesar 9,2 miliar dolar AS atau tumbuh 8,9 persen dibandingkan tahun sebelumnya, termasuk investasi yang berada di Kendal Industrial Park dan kerja sama di Batam.

Presiden Jokowi dan PM Lee juga akan membahas mengenai pendidikan vokasi. Menurut Menlu Retno, Indonesia sudah memiliki beberapa kerja sama dengan Politeknik Singapura terkait pendidikan vokasi.

Namun kedua pemimpin bisa saja membicarakan isu lain seperti terorisme hingga kebakaran hutan dan lahan.

Presiden dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, menuju Bandar Udara Internasional Changi, Singapura, sekira pukul 12.20 WIB dan tiba di Singapura pada pukul 14.52 waktu setempat.

Mendampingi Presiden dalam keberangkatan di antaranya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Trikasih Lembong, Staf Khusus Presiden Ahmad Erani Yustika.

Telah hadir juga di Singapura Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi M Natsir, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito.