Saudi Akan Buka Kesempatan Perempuan Menekuni Dunia Militer

Ilustrasi tentara wanita Timur Tengah. Foto You Tube
Ilustrasi tentara wanita Timur Tengah. Foto You Tube

Riyard,Sayangi.com- Kerajaan Saudi Arab Saudi hari Rabu (9/10), mengumumkan negaranya akan mengijinkan perempuanuntuk bertugas di angkatan bersenjata. Keputusan ini muncul seiring program negara yang memulai reformasi ekonomi dan sosial yang luas.

Keputusan tersebut mengacu pada adalah langkah terbaru dari kebijakan kerajaan. Garis kebijakan tersebut merupakan serangkaian tindakan yang bertujuan meningkatkan hak-hak perempuan di kerajaan itu, bahkan ketika kelompok-kelompok HAM menuduh Riyadh membatasi sejumlah aktivis perempuan.

Dalam kicauan Twitter Kemenlu Arab Saudi menuliskan “Langkah lain untuk pemberdayaan. Bahhwa perempuan akan dapat berdinas sebagai prajurit satu, kopral atau sersan.Sebelumnya tahun lalu, Arab Saudi mengizinkan perempuan bergabung dengan pasukan keamanannya.

Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, penguasa de facto kerajaan, telah menyetujui sejumlah reformasi. Reformasi yang ia canangkan bertujuan memperluas hak-hak perempuan, termasuk mengijinkan mereka untuk mengemudi dan bepergian ke luar negeri tanpa ijin dari “wali” laki-laki.

Namun dalam waktu yang bersamaan MBS juga mengawasi penangkapan beberapa aktivis hak-hak perempuan terkemuka, termasuk Loujain al-Hathloul.