Unik Kota Ini Mempunyai Warga Kembar Identik Terbanyak Didunia

Festival Anak Kembar digelar di Iqro Nigeria. Foto AFP
Festival Anak Kembar digelar di Iqro Nigeria. Foto AFP

Jakarta,Sayangi.com Negara Afrika tercatat memiliki angka kelahiran anak kembar terbanyak di dunia. Kota Igbo Ora di Nigeria tercatat sebagai daerah dengan angka kelahiran anak kembar terbanyak di dunia. Memang sulit untuk mendapatkan data statistik kependudukan dari otoritas setempat.

Akan tetapi penelitian dokter ahli kandungan asal Inggris Patrick Nylander menyebutkan, pada periode 1972 sampai 1982, rata-rata kelahiran anak kembar di kota itu 45-50 per 1.000 kelahiran.

Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat kelahiran kembar di Amerika Serikat, berdasarkan data Pusat Statistik Kesehatan Nasional, yakni 33 dari setiap 1.000 kelahiran.

Untuk merayakan gelar sebagai ‘ibu kota’ kembar dunia yang diproklamirkan sendiri, warga Igbo Ora menyelenggarakan festival tahunan. Festival yang sudah digelar dua kali ini menarik ratusan pasangan kembar dari seluruh Nigeria.

Mengenakan pakaian dan kostum tradisional, para kembar baik laki-laki maupun perempuan, tua-muda, bahkan bayi yang baru lahir, ikut serta meramaikan. Mereka bernyanyi dan menari dalam pesta yang digelar pada akhir pekan lalu.

Igbo Ora merupakan kota berjarak sekitar 100 kilometer sebelah utara Lagos, di mana hampir setiap keluarga memiliki beberapa anak kembar.
Pemimpin adat Jimoh Olajide Titiloye mengatakan, melahirkan anak kembar sudah terjadi sejak lama.

“Saya kembar, istri saya kembar, dan anak saya pun kembar. Hampir tidak ada keluarga di kota ini yang setidaknya memiliki sepasang kembar,” kata Titiloye.

sumber: AFP