Bom Molotov Kelompok Dosen IPB Punya Daya Ledak Hingga 30 Meter

Jakarta, Sayangi.com – Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap total 21 pelaku kelompok pembuat bom rakitan dan molotov. Dalam kasus ini polisi turut mengamankan satu pelaku, yang merupakan oknum dosen IPB berinisial AB.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, bom rakitan tersebut akan diledakkan di sejumlah wilayah ekonomi strategis di Jakarta. Selain itu, ada bom molotov yang digunakan untuk menyerang petugas.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan,  dari hasil pemeriksaan para tersangka memilik peran yang berbeda- beda. Ada yang berperan sebagai pendana, pembuat bom, hingga pengatur strategi untuk meledakkan bom tersebut.

“Total pelaku yang sudah kita amankan ada 21 pelaku. Masih ada yang kita buru,” kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Jumat (18/10).

Argo menjelaskan, pembuat bom dalam kelompok ini merupakan orang-orang profesional. Kendati demikian, kelompok ini tidak terafiliasi dengan kelompok teroris tertentu.

“Kita katakan ini kelompok perusuh ya, yang mendompleng aksi unjuk rasa kemarin. Mereka memang pembuat bom rakitan profesional, bukan teroris jaringan mana ya,” jelasnya.

Di tempat yang sama, tim Labfor Mabes Polri Kompol Hendi mengatakan, pihaknya telah menguji daya ledak bom molotov dari kelompok ini. Hasilnya cukup mengejutkan, molotov ini bisa menyebar hingga radius 30 meter.

“Ada paku dililit di luar wadah botol, dilakban, kalau meledak bisa melukai orang di sekitar kejadian. Diuji coba ledakkan di Brimob dengan menggunakan manekin. Hasilnya kerusakannya cukup kuat, bisa mencapai jarak 30 meter,” paparnya.