10 Orang Perbatasan Tewas Saat Pecah Pertikaian India dan Pakistan

Baku hantam antara tentara India dan Pakistan di wilayah Khasmir. Foto AP
Baku hantam antara tentara India dan Pakistan di wilayah Khasmir. Foto AP

Islamabab,Sayangi.com- India dan Pakistan saling menyalahkan atas penembakan di perbatasan wilayah sengketa Kashmir sehingga menewaskan sedikitnya 10 orang termasuk tentara dan warga sipil di kedua pihak. Gesekan ini disebut sebagai salah satu hari paling mematikan sejak New Delhi mencabut status khusus Kashmir pada Agustus lalu.

Para pejabat dari kedua negara saling menuduh bahwa pihak militer melakukan serangan di wilayah perbatasan Line of Control (LoC). Sedikitnya 10 orang tewas dalam putaran penembakan terbaru.

India menyatakan ada penembakan hebat oleh Pakistan di seberang perbatasan di wilayah Tangdhar Sabtu malam sehingga menewaskan dua tentara India dan satu warga sipil.Jenderal Bipin Rawat, kepala militer India mengatakan pasukannya menggunakan tembakan artileri yang lebih besar untuk menyerang “kamp-kamp teroris” di seberang perbatasan.

Sebaliknya otoritas Pakistan menuduh tentara India menargetkan warga sipil. Kementerian urusan Luar Negeri Pakistan mengatakan enam tewas, sementara beberapa lainnya termasuk wanita dan anak-anak terluka parah di daerah dekat LoC.

Dan dari pihak militer Pakistan menambahkan bahwa satu tentara juga tewas, sehingga jumlah korban di Kashmir yang dikelola Pakistan menjadi tujuh orang.
sumber: Al-Jazeera