Pendiri Wikileaks Julian Assange Mulai Disidangkan

Julian Assange pendiri WikiLeaks. Foto Getty Image
Julian Assange pendiri WikiLeaks. Foto Getty Image

London,Sayangi.com- Pendiri WikiLeaks Julian Assange hadir di pengadilan London pada Senin (21/10). KEhadirannya untuk diperiksa apakah dia akan diekstradisi ke Amerika Serikat (AS) atas dakwaan mata-mata.

Assange yang berpakaian biru mengangkat tangannya untuk menyambut para pendukungnya di gedung pengadilan. Dia bercukur rapi dan tanpa jenggot panjang seperti saat dia keluar dari Kedutaan Besar (Kedubes) Ekuador di London beberapa waktu lalu.

Assange, 48 tahun, akan menghadapi 18 dakwaan di AS. Diantaranya dakwaannya termasuk berkonspirasi meretas komputer pemerintah dan melanggar undang-undang spionase. Jika ia divonis bersalah Asange dapat dipenjara puluhan tahun oleh pengadilan AS.

Pria kelahiran Australia itu menjadi sorotan internasional pada awal 2010. Saat WikiLeaks berhasil merilis video rahasia militer AS yang menunjukkan serangan oleh helikopter Apache di Baghdad pada 2007 yang menewaskan belasan orang, termasuk dua staf berita Reuters.

Para pendukungnya memuji Assange sebagai pahlawan karena mengungkap penyalahgunaan kekuasaan oleh negara-negara modern dan mendorong kebebasan berbicara.

WikiLeaks juga telah membuat marah Washington dengan merilis ratusan ribu kawat diplomatik AS yang berisi sikap AS pada sejumlah pemimpin dunia, mulai dari Presiden Rusia Vladimir Putin hingga anggota keluarga kerajaan Arab Saudi.

Pada 2012, dia berlindung di Kedubes Ekuador di London untuk menghindari ekstradisi ke Swedia dalam dakwaan pelecehan seksual. Tuduhan itu disangkal oleh Assange. Dia yakin pada akhirnya ia bakal dikirim ke AS. Pendiri WikiLeaks ini dikeluarkan dari Kedubes Ekuador London pada April lalu setelah tujuh tahun berlindung.