IPW: Jika Tito Ditunjuk Jadi Menteri, Ini Sosok Potensial Calon Kapolri

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mendatangi Istana Negara untuk memenuhi panggilan Presiden Jokowi.

Jakarta, Sayangi.com – Jenderal Pol Muhammad Tito Karnavian turut dipanggil Presiden Joko Widodo ke Istana Negara, Senin (22/10). Berhembus kabar, Tito akan dijadikan salah satu menteri dalam pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane mengatakan, jika benar Tito masuk dalam lingkaran kabinet, maka dapat dipastikan akan ada pergantian jabatan Kapolri. Kemungkinan paling besar untuk menjadi Plt Kapolri ialah Wakapolri saat ini, Komjen Pol Ari Dono Sukmanto.

“Jika Kapolri Tito Karnavian diangkat menjadi menteri dalam kabinet Jokowi pada Rabu pagi, bisa dipastikan Ari Dono menjadi Plt Kapolri,” ujar Neta dalam keterangan tertulisnya, Selasa (22/10).

Jika semuanya berjalan lancar, kata Neta, maka gerbong mutasi di pucuk pimpinan Polri otomatis akan ikut bergerak. Kabareskrim Komjen Pol Idham Azis diperkirakan akan menduduki posisi Wakapolri menggantikan Ari Dono.

“Sementara posisi Kabareskrim yang ditinggalkan Idham Azis diperkirakan akan diisi Irjen Pol Gatot Eddy Pramono, yang kini menjadi Kapolda Metro Jaya,” katanya.

Jika benar Gatot ditunjuk sebagai Kabareskrim, maka akan ada dua calon kuat Kapolda Metro Jaya, yakni Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi dan Kapolda Lampung, Irjen Pol Purwadi Arianto. Posisi Plt Kapolri diperkirakan akan dipegang Ari Dono hingga masa pensiunnya Desember mendatang.

“Untuk kemudian posisi Kapolri nantinya akan dipegang Gatot Eddy. IPW memperkirakan penetapan Plt Kapolri akan berjalan lancar tanpa hambatan apapun,” kata Neta.