PM Trudeau Berhasil Pertahankan Kursi Perdana Menteri

Penampilan-Justin-Trudeau dipanggung-Global Citizen Hamburg-2017.Foto-Global Citizen.jpg

Toronto,Sayangi.com- Walaupun partai penggusung Trudeau berhasil memepertahankan posisinya namun ia kehilangan posisi mayoritas. Partai Trudeau memerlukan dukungan partai-partai kecil sayap kiri untuk membentuk pemerintahan.

Partai Liberal memenangi atau memimpin dengan perolehan 156 kursi dari 338 kursi dalam pemungutan suara pada Senin (21/10/2019). Meski demikian, Partai Liberal gagal memperoleh suara mayoritas yakni 170 kursi.“Kamu berhasil, pendukungku. Selamat,” kata Trudeau kepada para pendukungnya di Montreal.

Hasil pemungutan suara menunjukkan partai Trudeau mengalahkan oposisi utama, Partai Konservatif yang dipimpin Andrew Scheer.

Trudeau, mulai menduduki Perdana Menteri pada 2015. I berhasil membuat dirinya sebagai tokoh karismatik yang menjanjikan ‘pembaruan’. Sebelum pemilu ia sempat turun popularitasnya karena skandal blackface dan kritikan atas penanganannya terhadap kasus korupsi yang melibatkan perusahaan konstruksi Kanada.

Dalam posisi sekarang dia harus bergantung pada Partai Demokrat Baru (NDP) untuk bisa meloloskan undang-undang di Parlemen. Meskipun perolehan kursi NDP turun dari 44 kursi pada 2015 menjadi 24 kursi sekarang, namun kedepan partai tersebut dapat memiliki pengaruh signifikan terhadap pemerintahan Trudeau.

Menjelang pemungutan suara, jajak pendapat menunjukkan persaingan ketat antara Trudeau dan saingan utamanya, Andrew Scheer. Malam ini kami telah memberitahukannya. Kepemimpinannya rusak dan pemerintahannya akan segera berakhir dan ketika saatnya tiba, kami akan siap dan kami akan menang,” kata Scheer.
sumber: Reuters