Dianggap Terlalu Berambisi Selir Raja Vajiralongkorn Dilucuti Gelarnya

Sineenat Bilaskalayani Selir Raja Thailand yang dilucuti gelar kebangsawanan. Foto Bangkok Post
Sineenat Bilaskalayani Selir Raja Thailand yang dilucuti gelar kebangsawanan. Foto Bangkok Post

Bangkok,Sayangi.com- Raja Thailand Maha Vajiralongkorn melucuti gelar kebangsawanan selirnya Sineenat Bilaskalayani kurang  dari tiga bulan setelah menganugerahkannya.

Pengangkatan perempuan berusia 34 tahun itu merupakan yang pertama kali dalam sejarah kerajaan sejak akhir monarki absolut Thailand pada 1932. Sineenat Bilaskalayani merupakan pemegang gelar resmi selir kerajaan pertama dalam kurun hampir 100 tahun di Thailand.

Pengumuman Royal Thai Government Gazette menyatakan, seluruh gelar kebangsawanan dan pangkat militer Sineenat Bilaskalayani.  Selir  Sineenat Bilaskalayani dilucuti  gelarnya dengan alasan ambisius dan berusaha menjadikan dirinya setara ratu.

Raja mencopot gelar selir  dengan sangat jelas, yakni karena Sineenat menentang penunjukan Suthida sebagai ratu. Selir  Seneenat berambisi ingin menduduki posisi ratu. Selain itu Sineenat juga disebut berambisi mendapatkan gelar kerajaan dan mempromosikan dirinya dalam menjalankan aktivitas kerajaan.

“(Tindakan Sineenat) dinilai tidak terhormat, tidak berterima kasih, tidak menghargai kebaikan kerajaan dan mendorong keretakan di antara pelayan kerajaan. Sikap Seneenat menimbulkan kesalahpahaman orang, dan merusak bangsa dan kerajaan itu,” demikian isi pernyataan itu, seperti dilaporkan Associated Press, Selasa (22/10/2019).

Dia kurang memahami tradisi kerajaan dengan baik. Sebagai selir ia  juga memperlihatkan ketidakpatuhan terhadap raja dan ratu,” bunyi pernyataan, dikutip dari Reuters,Rabu (23/10/2019). Sineenat merupakan pilot terlatih berpangkat mayor jenderal yang sebelumnya bekerja sebagai pejabat senior di unit keamanan kerajaan dan perawat di dinas ketentaraan.

Raja Maha Vajiralongkorn, yang naik takhta pada 2016, menunjuk Sineenat sebagai selir hanya dua bulan setelah dia menikahi istri keempatnya, Ratu Suthida Tidjai.

Sama seperti Sineenat, Ratu Suthida juga sebelumnya menjabat sebagai pejabat senior di unit keamanan kerajaan. Sebelumnya Suthida bekerja sebagai pramugari Thai Airways.Nasib Sineenat saat ini di istana mirip dengan istri kedua dan ketiga raja.

Istri kedua melarikan diri ke Amerika Serikat (AS) setelah dikecam oleh raja. Maha Vajiralongkorn juga tidak mengakui empat putra hasil pernikahan mereka.

Istri ketiga juga dilucuti gelarnya dan diusir oleh pengadilan. Putranya yang sudah remaja kini tinggal bersama Vajiralongkorn. Pernikahan pertama Maha Vajiralongkorn juga berakhir dengan perceraian.

Namun karena istrinya itu adalah sepupunya sendiri dan bagian dari kerajaan, maka  tidak bernasib sama seperti istri-istri lainnya. Adapun Suthida Tidjai adalah istri keempat raja, dan diberi gelar ratu.