Jepang Bakal Kirim Kapal Perang ke Timur Tengah

Kapal Jepang menuju Timur Tengah. Foto AFP
Kapal Jepang menuju Timur Tengah. Foto AFP

Tokyo,Sayangi.com- Ketegangan di Timur Tengah melonjak sejak awal tahun ini, dimulai dengan serangan terhadap beberapa kapal tanker Arab Saudi dan Uni Emirat Arab di mana Iran menjadi tertuduh. Terkait peristiwa itu negara Jepang akan mengirim kapal perang ke Timur Tengah untuk membantu mengamankan perairan yang menjadi jalur pengiriman minyak. Sebagian besar impor minyak Jepang berasal dari Timur Tengah.

Namun Negeri Metahari Terbit itu menegaskan tak akan bergabung dalam misi yang dibawa Amerika Serikat di Teluk. Jepang menjalin hubungan dagang yang lama dengan Iran, namun di sisi lain merupakan sekutu dekat Amerika Serikat.

Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi telah menginformasikan rencana ini kepada mitranya dari AS Mike Pompeo melalui sambungan telepon pada Selasa (22/10/2019).

Keputusan pengiriman kapal perang Jepang ke Timur Tengah diambil setelah serangakaian serangan terhadap kapal-kapal tanker di Teluk. Hal ini termasuk pengeboman atas dua fasilitas minyak Aramco Arab Saudi pada September. Negara negara Barat menuduh Teheran sebagai pelakunya, namun hal ini dibantah Iran.

Menurut keterangan dari sumber yang mengetahui masalah ini kepada kantor berita Kyodo, sebagaimana dilaporkan kembali AFP, Rabu (23/10/2019), Jepang akan mengirim dua kapal penghancur ke kawasan Timur Tengah. Kapal yang dikirim termasuk satu armada yang pernah mengikuti misi anti-pembajakan di perairan Somalia.

Akam tetapi kapal-kapal Jepang tak akan beroperasi di Selat Hormuz, dekat wilayah Iran. Padahal kawasan perairan ini merupakan lalu lintas utama pasokan minyak dunia.