Gantikan Tito, Presiden Jokowi Tunjuk Idham Azis Sebagai Kapolri

Jakarta, Sayangi.com – Presiden Joko Widodo telah menetapkan Jenderal Pol Muhammad Tito Karnavian sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri), dalam kabinet Indonesia Maju. Dengan demikian, otomatis jabatan Kapolri yang selama ini dipegang Tito harus ditanggalkan.

Presiden menjelaskan, ia telah mengajukan satu nama pengganti Tito sebagai Tribrata I, yakni Komjen Pol Idham Azis. Seperti diketahui, saat ini Idham menjabat sebagai Kabareskrim Polri.

“Hanya satu calon (Kapolri), Pak Idham Azis,” ujar Jokowi di Istana Negara, Rabu (23/10).

Jokowi juga mengaku telah mengirimkan surat ke DPR terkait penunjukan Idham sebagai Kapolri. “Sudah diajukan ke DPR,” imbuhnya.

Kendati telah ditunjuk Presiden sebagai Kapolri, namun Idham tetap harus menjalani uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR. Sementara saat ini pelaksana tugas (Plt) Kapolri ialah Wakapolri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto.

Terpisah, Idham mengaku siap menjalankan tugas barunya sebagai Kapolri. Saat ini ia tengah fokus mempersiapkan diri mengikuti uji kepatutan dan kelayakan.

“Tentunya saya siap menjalankan amanah ini. Saya mohon doa restu, karena mungkin minggu depan akan dilakukan fit and proper test,” kata Idham di kantor Kemendagri.