Ini Peran Shairil, DPO Penganiaya Ninoy Karundeng yang Serahkan Diri ke Polisi

Kombes Pol Argo Yuwono. (Foto: Sayangi.com/Tri setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Salah satu tersangka penganiaya dan penculikan Ninoy Karundeng, Shairil Anwar menyerahkan diri ke Polda Metro Jaya, Kamis (24/10). Shairil merupakan suami dari IZH, yang juga merupakan tersangka penganiayaan Ninoy.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, Shairil berperan sebagai orang yang memerintahkan tersangka B dan F untuk menyalin dan menghapus data di laptop milik Ninoy. Selain itu, Shairil diketahui juga turut merampas sejumlah barang Ninoy.

“Diketahui yang bersangkutan juga mengambil barang-barang milik korban berupa flashdisk, hard disk, dan SIM card,” ujar Argo ketika dikonfirmasi, Jumat (25/10).

Saat terjadi penganiayaan terhadap Ninoy, lanjut Argo, Shairil juga berada di lokasi kejadian. Seperti diketahui, Ninoy dianiaya di sebuah tempat ibadah di kawasan Pejompongan.

“Dari hasil penyidikan, yang bersangkutan diketahui ikut menginterogasi dan mengintervensi korban,” terangnya.

Dengan penyerahan diri Shairil, total penyidik telah menetapkan 16 tersangka terkait kasus penganiayaan terhadap Ninoy. Dua diantara 16 tersangka yang berinisial F dan RN ditangguhkan penahanannya karena alasan kesehatan.

Akibat perbuatanya, para tersangka dijerat Pasal 365 KUHP dan atau Pasal 480 KUHP dan atau Pasal 170 KUHP dan atau Pasal 335 KUHP dan atau Pasal 333 KUHP.