Bandara-bandara di AS Mulai Sediakan Ruang Beribadah

Ruang Ibadah atau interfaith chapel di Bandara Amerika Serikat. Foto Getty Image
Ruang Ibadah atau interfaith chapel di Bandara Amerika Serikat. Foto Getty Image

Washington, Sayangi.com- Kabar gembira bagi umat muslim yang akan mengadakan perjalanan ke Amerika. Kebutuhan umat Islam untuk sholat ternyata juga diakomodir di beberapa bandara di Negeri Paman Sam ini.

Sudah banyak bandara besar di Amerika yang menyediakan ruang khusus untuk berdoa, bermeditasi, atau bahkan melaksanakan ibadah agama bagi para pengunjungnya. Berdasarkan data terakhir yang dikeluarkan lembaga riset Pew, pada tahun 2015, dari sekitar 30 bandara besar di Amerika, 18 di antaranya, atau 60 persennya memiliki chapel atau ruang berdoa.

Kebanyakan tempat ibadah  berupa satu ruang yang dapat dimanfaatkan oleh umat dari berbagai agama, yang biasa disebut sebagai interfaith chapel. Kapel pertama yang tersedia di bandara AS adalah kapel Our Lady of the Airways, yang dibuka pada tahun 1951 di Bandara Internasional Logan, Boston. Tempat ibadah ini pada mulanya ditujukan bagi mereka yang bekerja di lingkungan bandara.

Empat tahun kemudian, kapel berikutnya, Our Lady of the Skies, dibuka di bandara yang kemudian menjadi Bandara Internasional John F. Kennedy di kota New York. Sejak itu, semakin banyak pula bandara di berbagai penjuru AS yang menambahkan ruang khusus bagi karyawan maupun pengunjungnya.

Sebagai contoh Bandara Internasional Dulles, interfaith chapel terletak di bagian dalam terminal keberangkatan. Tempat sholat umat Islam yang beralaskan karpet dan menempati sisi kiri ruangan itu dilengkapi dengan sajadah, tasbih, kitab suci Al-Quran serta buku-buku doa. Chapel ini buka 24 jam setiap  hari.

Seorang rohaniwan senior di bandara tersebut pernah mengemukakan kepada VOA, perlengkapan seperti itu merupakan sumbangan dari komunitas muslim, komunitas masjid, maskapai penerbangan Saudi, serta Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR).

Bagi umat agama lain, tersedia pula rosario, serta kitab-kitab suci atau bacaan keagamaan lainnya yang tersedia. Perlengkapan ibadah tersebut meliputi berbagai bahasa, termasuk Inggris, Spanyol, Perancis, Urdu hingga Polandia

Di bandara Nasional Ronald Reagan, juga di Washington DC, tersedia pula tempat ibadah serupa. Lokasinya di area umum, sebelum penumpang memasuki gerbang-gerbang keberangkatan mereka. Selain calon penumpang, cukup banyak juga karyawan di kawasan bandara yang memanfaatkan ruangan ibadah tersebut.

sumber: VOA