14 Mahasiswa Papua Peraih Beasiswa Kremlin Mulai Tiba di Rusia

Foto Istimewa
Foto Istimewa

Moskow,Sayangi.com- Sebanyak 14 mahasiswa baru dari Indonesia asal Papua telah tiba di Rusia untuk belajar melalui program beasiswa Pemerintah Rusia. Kedatangan mereka disambut oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Moskow dan Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia (Permira).

Para mahasiswa tersebut akan belajar di berbagai kota dan perguruan tinggi di Rusia. Selain Moskow, di antara mereka ada yang belajar di Kaliningrad, Tula, St Petersburg, Kazan, Orel, Voronezh, Volgograd, Petrozavodsk, Cherepovetsk, dan Tomsk di Siberia barat Rusia.

Jurusan yang diambil mereka oleh para penerima beasiswa beraneka ragam, baik program S-1 maupun S-2 seperti Teknik Lingkungan, Kimia, Hubungan Internasional, Ilmu Politik, Ilmu Pendidikan, Teologi, Psikologi, Museum dan Budaya, dan Antropologi.

Setiap tahun Pemerintah Rusia memberikan 160 beasiswa kepada warga negara Indonesia untuk belajar di perguruan tinggi Rusia baik program S-1, S-2, maupun S-3. Dilaporkan jumlah mahasiswa Indonesia di Rusia terus meningkat setiap tahun.

Tahun ini KBRI Moskow mencatat sekitar 650 orang mahasiswa Indonesia termasuk mahasiswa baru belajar di Rusia. Mahasiwa baru tersebut   tersebar di seluruh wilayah Rusia. Para pelajar Indonesia yang di Rusia menyebar dari Kalingrad di bagian paling barat, Moskow, St Petersburg, Irkutsk, hingga Khabarovsk dan Vladivostok di bagian paling timur Rusia.

sumber: KBRI Moskow