Ketua DPR di Acara HUT Brimob: Ramah Pada Rakyat, Tegas Kepada Teroris

Ketua DPR RI Puan Maharani

Jakarta, Sayangi.com – Ketua DPR RI Puan Maharani mengaku, dirinya bangga dengan Korps Brimob sebagai pasukan elit Polri. Menurutnya, Brimob telah menjadi garda terdepan penanggulangan gangguan Kamtibmas bereskalasi tinggi, seperti serangan teroris hingga masyarakat merasa terlindungi.

“Brimob yang mempunyai kemampuan rescue juga sangat membantu warga ketika turun di daerah bencana,” ujar Puan usai menghadiri upacara HUT 74 Korps Brimob di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Kamis (14/11).

Puan berharap Korps Brimob terus berlatih dan senantiasa mengembangkan diri agar lebih professional. Ia juga meminta Brimob dapat lebih mendekatkan diri dengan masyarakat.

“Sapalah mereka, ramahlah kepada rakyat, tegaslah hanya kepada mereka yang ingin mengacaukan keamanan,” katanya.

Khusus untuk pengamanan aksi unjuk rasa, Puan berpesan, agar Brimob bertugas sesuai Undang-undang yang berlaku. Kendati sulit, namun Puan berharap Brimob tidak terpancing emosi saat menjaga aksi unjuk rasa.

“Mereka adalah saudara-saudara kita juga. Ikuti SOP pengamanan dan patuhi garis komando. Jangan lupa aturan-aturan HAM ketika menghadapi unjukrasa,” terangnya.

Tapi soal terorisme, Puan berpesan agar Brimob dapat tegas dalam penumpasannya. Sikap tegas Brimob seperti ini menurutnya dapat ikut menjaga stabilitas keamanan negara.

“Jangan pernah berkompromi dengan aksi-aksi teror yang mengancam nyawa manusia dan membahayakan warga. Harus galak terhadap terorisme,” tegasnya.

Lebih jauh Puan juga menjelaskan, sejarah juga mencatat Brimob berperan penting dalam operasi penumpasan dan pembersihan pemberontakan, DI/TII Kartosuwiryo, DI/TII Daud Beureuh, PRRI, hingga DI/TII Kahar Muzakar. Selain itu, Brimob juga terlibat saat pembebasan Irian Barat.

“Karena itu, bagi saya, komitmen Brimob untuk mempertahankan NKRI dan Pancasila tidak perlu kita kita ragukan lagi,” pungkasnya.