Pura-pura Bertamu, Pria di Kramat Jati Gasak Dompet Korbannya

Ilustrasi pencurian ponsel

Jakarta, Sayangi.com – Polsek Kramat Jati, Jakarta Timur mengungkap kasus pencurian yang menyasar rumah warga. Dalam kasus ini polisi berhasil menangkap satu pelaku berinisial H (36).

Polisi menangkap H setelah korban berinisial NM (28) melapor, jika rumahnya yang beralamat di Jalan Elang, Kramat Jati dimasuki pencuri. Saat beraksi, pelaku berhasil membawa kabur dompet berisi jutaan rupiah milik korban.

Kasubag Humas Polres Metro Jakarta Timur AKP Diah mengatakan, dalam menjalankan aksinya pelaku berpura-pura bertamu ke rumah korban. Sekiranya ada kesempatan, pelaku menggasak barang berharga korban.

“Modus pelaku adalah bertamu ke rumah korban. Sehingga tidak ada kecurigaan,” ujar Diah dalam keterangan tertulisnya, Jumat (15/11).

Setelah lengah, sambung Diah, pelaku mengambil dompet milik korban. Korban yang berprofesi sebagai wirausaha ini terkejut ketika dompetnya raib.

“Selanjutnya, korban membuat laporan atas peristiwa tersebut. Polisi mengamankan pelaku dengan sejumlah barang bukti,” katanya.

Kepada polisi, lanjut Diah, pelaku mengaku telah mengambil dua dompet korban dengan berisi uang tunai sebesar Rp 900 ribu dan Rp 1,8 juta. Sehingga total uang yang berhasil digasak pelaku senilai Rp 2,7 juta.

“Kini pelaku dibawa tengah dilakukan pemeriksaan guna proses penyidikan lebih lanjut,” pungkasnya.