Polisi Ungkap Sindikat Pencuri Spesialis Bandara Soetta

Jakarta, Sayangi.com – Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap enam orang terkait pencurian barang yang terjadi di kawasan Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Mereka berinisial IC, REP, TP, IS, AS dan YY.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, keenam tersangka berasal dari dua kelompok berbeda. Penangkapan mereka juga berdasarkan dua kasus yang berbeda.

Korban pertama merupakan seorang pembalap motor bernama Robby Sakera. Robby kehilangan baju balapnya ketika hendak terbang ke Jepang.

“Korban Robby kaget ketika sampai di Jepang, namun baju balap di dalam kopernya hilang. Ketika kembali ke Indonesia, Robby baru lapor polisi,” ujar Yusri di Mapolda Metro Jaya, Jumat (22/11).

Setelah dilakukan pengembangan, kata Yusri, polisi menangkap tiga tersangka pencuri baju balap milik Robby. Mereka merupakan karyawan PT. JAS, yang memang bertugas di Bandara Soekarno Hatta.

“Kemudian kita tangkap tiga tersangka lagi, yang juga karyawan PT. JAS. Mereka diketahui terlibat dalam kasus pencurian uang sebesar Rp 10 juta dan 1.000 Ringgit Malaysia,” terangnya.

Dalam melakukan aksinya, kata Yusri, kelompok ini terkenal ahli. Mereka menggunakan ballpoint untuk menyobek rit koper korban, kemudian menutupnya lagi.

“Jadi kelompok ini memilih koper secara random. Jika dilihat ada barang berharga langsung diambil, dan koper tersebut kembali ditutup lagi,” katanya.

Akibat perbuatannya, para tersangka dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian, dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara.