Polisi Gerebek Sarang Sindikat Penipuan Daring, 24 WN Tiongkok Diamankan

Jakarta, Sayangi.com – Ditreskrimsus dan Ditresnarkoba Polda Metro Jaya menggerebek lokasi penipuan yang melibatkan warga negara Tiongkok. Penggerebekan dilakukan di kawasan Anggrek Neli, Kemanggisan, Jakarta Barat.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, penipuan dilakukan dengan menggunakan telepon. Mereka melakukan penipuan terhadap warga negara Tiongkok juga.

Yusri menjelaskan, modus yang digunakan para tersangka ialah dengan cara menelepon ke Tiongkok. Kemudian korban diberitahu jika ada suatu masalah atau kasus yang membelitnya.

“Mereka sambil menelepon ke warga Tiongkok menggunakan bantuan boks ini supaya kelihatan bising. Lalu mereka menawarkan untuk dibantu kasusnya, dan korban di sana akan mentransfer uang kepada petugas,” terangnya.

Setelah setuju, kata Yusri, nantinya korban akan diarahkan menuju rekannya yang berpura-pura sebagai petugas kepolisian. Memang para tersangka memiliki data orang yang bermasalah terkait pajak di Tiongkok.

“Nanti mereka akan menyampaikan, bahwa silakan kalau nggak mau kena penindakan silakan hubungi ini, ada teman saya yang bisa membantu,” katanya.

Yusri menerangkan, dalam penggerebekan ini pihaknya mengamankan 26 orang, 24 diantaranya warga negara Tiongkok dan dua warga negara Indonesia. Tugas dari dua WNI yang diamankan ini adalah melayani keperluan para WN Tiongkok tersebut.

“Sementara untuk bos besarnya masih kita dalami, kita dalami bagaimana sistem sebenenrya. Nanti kita sampaikan,” jelasnya.