Incar Swalayan, Polisi Tangkap Enam Pelaku Pencurian Bermodus Ganjal ATM

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Ditreskrimum Polda Metro mengungkap sindikat pencurian bermodus ganjal ATM. Dalam kasus ini polisi menangkap enam tersangka, berinisial H, FW, HP, A, DD, dan S.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, kasus ini berawal dari laporan masyarakat. Kemudian polisi bergerak memburu para pelaku.

“Kami menerima laporan dari masyarakat yang merasa kehilangan uang di ATM pada tanggal 9 November 2019,” ujar Yusri di Mapolda Metro Jaya, Jumat (29/11).

Mulanya, kata Yusri, polisi menangkap tiga tersangka di kawasan Depok, Jawa Barat. Biasanya para tersangka mengincar mesin ATM yang berada di swalayan.

“Mereka mengincar ATM yang ada di swalayan karena pengamanan di sana cenderung minim,” katanya.

Dalam menjalankan aksinya, lanjut Yusri, tersangka memanfaatkan kepala korek api kayu untuk mengganjal ATM. Setelah kartu ATM milik korban terganjal, pelaku berpura-pura menawarkan bantuan.

“Gerakan tangan para tersangka sangat cepat saat menukar kartu ATM milik korban,” terangnya.

Dalam kasus ini, polisi turut mengamankan sejumlah barang bukti, diantaranya satu buah pinset, dua buah obeng, 75 buah kartu ATM, satu buah penggaris, satu buah tang, dua buah kawat besi yang sudah dimodifikasi dan gawai milik tersangka. Selain itu, polisi juga mengamankan beberapa kartu ATM yang digunakan untuk melancarkan aksi para pelaku.

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman hukuman penjara maksimal selama 7 tahun.