Penyelundupan Harley-Davidson di Pesawat Garuda, Polisi: Masih Ditangani Bea Cukai

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Direktur Utama (Dirut) PT Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Askhara terjerat kasus penyelundupan motor Harley Davidson dan sepeda Brompton. Kasus tersebut juga lah yang menyebabkan dirinya diberhentikan dari jabatannya.

Tidak cukup sampai situ, sejumlah pihak juga mendesak polisi turun tangan mengusut kasus ini. Pasalnya ada dugaan penyelundupan yang dilakukan Ari, yang merupakan delik pidana.

Menanggapi hal tersebut, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, pihaknya belum menyelidiki dugaan penyelundupan tersebut. Saat ini kasus dugaan penyelundupan masih ditangani pihak Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta.

“Belum ada, prosesnya masih ditangani oleh Bea Cukai dan Bandara Soekarno-Hatta. Kita masih menunggu hasil dari sana, hasil dari koordinasi Bandara dengan Bea Cukai Bandara,” ujar Yusri di Mapolda Metro Jaya, Senin (9/12).

Terkait adanya tindak pidana dalam dugaan penyelundupan tersebut, Yusri belum dapat memastikannya. Pasalnya pihak kepolisian belum bergerak jika belum ada pelimpahan dari pihak Bea Cukai.

“Masih ditangani oleh Bea Cukai di sana, sama kalau dengan narkoba gitulah, ditangani dulu prosesnya setelah itu dilimpahkan ke kita. Kita baru bikin laporan polisi nantinya,” jelasnya.

Sepeda motor gede (Moge) yang diselundupkan dalam pesawat Airbus milik Garuda dari Prancis itu diduga berjenis Harley-Davidson Electra-Glide Shovelhead, produksi tahun 1970. Moge jenis ini termasuk langka dan menjadi salah satu incaran penggemar moge di seluruh dunia.

Tercatat sejumlah pesohor dunia pernah memiliki Harley-Davidson Electra-Glide. Salah satunya adalah legenda musik rock, Elvis Presley.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menaksir harga moge itu sekitar Rp 200 juta hingga Rp 800 juta. Bahkan motor Harley-Davidson Electra-Glide milik Elvis Presley terjual Rp 11 miliar ketika dilelang pada Agustus kemarin.