Gelar Rakor Lintas Sektoral, Menkopolhukam Yakin Natal dan Tahun Baru 2020 Berlangsung Aman

Jakarta, Sayangi.com – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Bidang Operasional Tahun 2019. Rakor ini digelar dalam rangka Persiapan Operasi Lilin 2019 di Auditorium STIK/PTIK, Kebayoran Baru, Jumat (13/12).

Rakor yang berlangsung tertutup tersebut dihadiri Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis, Kepala BMKG Prof Dwikorita Karnawati, dan Kepala Basarnas Marsdya TNI Bagus Puruhito.

Setelah pertemuan, Mahfud mengatakan, pertemuan hari ini merupakan kunjungan kerja rutin. Mereka membahas soal pengamanan jelang Natal dan Tahun Baru 2020.

“Hari ini fokusnya itu menghadapi Tahun Baru dan hari Natal, untuk menjamin keamanan dan ketentraman masyarakat. Dan kita juga menyiapkan segala sesuatunya,” ujar Mahfud.

Dengan digelarnya rakor lintas sektoral ini, Mahfud mengharapkan, pengamanan Natal dan tahun baru 2020 semakin matang. Apalagi sinergitas antara TNI dengan Polri berlangsung dengan sangat baik.

“Saya yakin Natal dan Tahun Baru 2020 dapat berjalan baik karena kesiapan segenap stakeholder terutama TNI dan Polri,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, TNI akan menerjunkan sebanyak 17.190 personel untuk mendukung pengamanan perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di seluruh wilayah Indonesia. Hal tersebut merujuk pada jumlah personel yang diterjunkan TNI pada tahun sebelumnya.

Menurut Hadi, dari pengalaman pengamanan tahun lalu, masing-masing instansi telah mengetahui titik-titik kritis sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing.

“Saya harap setiap pihak dapat berbagi informasi agar dapat mengantisipasi dan saling mendukung agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik,” katanya.

Hadi menjelaskan, partisipasi masyarakat juga diharapkan dalam pengamanan Natal dan tahun baru. Masyarakat diimbau agar memberitahu aparat jika menemukan sesuatu yang mencurigakan.

“Apabila ada yang melihat sesuatu yang mencurigakan segera memberitahukannya kepada orang lain, khususnya aparat terkait,” kata Hadi.

Lebih jauh Hadi menegaskan, pihaknya siap memberikan bantuan dan dukungan penuh kepada Polri terkait pengamanan Natal dan Tahun Baru.

“TNI siap memberikan bantuan dan dukungan, baik personel maupun alutsista, sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang dimiliki satuan-satuan di tiap-tiap wilayah untuk suksesnya perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020,” pungkasnya.