Pengamanan Nataru, Polri Siagakan 100 Ribu Personel

Jakarta, Sayangi.com – Polri akan menggelar Operasi Lilin 2019 dalam rangka pengamanan perayaan Natal dan tahun baru 2020. Operasi Lilin akan berlangsung mulai 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020.

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Pol Argo Yuwono mengatakan, pihaknya akan menyiagakan ratusan ribu personel dalam Operasi Lilin 2019. Operasi Lilin sendiri di seluruh wilayah Indonesia.

“Ada 100 ribu lebih untuk personel yang kita siapkan dari Aceh sampai Merauke,” ujar Argo di PTIK, Kebayoran Baru, Jumat (13/12).

Polri, kata Argo, telah memetakan wilayah mana saja yang dianggap menjadi titik penting dalam Operasi Lilin 2019. Pendataan dilakukan oleh tiap Polda, dan telah diserahkan kepada Asisten Operasi Kapolri.

“Data tersebut digunakan untuk memetakan prioritas pengamanan saat perayaan Natal dan Tahun Baru,” jelasnya.

Terkait arus mudik Natal dan tahun baru 2020, kata Argo, pihaknya juga telah mengantisipasinya. Dengan demikian, diharapkan tidak terjadi penumpukan kendaraan atau kemacetan saat arus mudik.

“Contohnya di Lampung, Banten, Jakarta, Jabar, Jateng, Jatim, Bali, NTT, Maluku, Papua dan Papua Barat. Wilayah ini merupakan prioritas pertama pengamanan berkaitan dengan Operasi Lilin,” tuturnya.

Selain itu, menurut Argo, pihaknya juga telah menyiapkan pengamanan di berbagai tempat ibadah, rekreasi dan perbelanjaan saat libur Natal dan Tahun Baru.

“Kepolisian juga berkoordinasi dengan pihak setempat terkait pengamanan ibadah Natal, baik yang diselenggarakan pada 24 Desember atau 25 Desember. Tentunya semua jajaran di Polres akan berkomunikasi dengan Gereja, didata kegiatannya,” pungkasnya.