Libur Natal dan Tahun Baru, BPH Migas Jamin Stok BBM Aman

Jakarta, Sayangi.com – Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) M. Fanshurullah Asa mengatakan, stok Bahan Bakar Minyak (BBM) saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) aman. Apalagi ini sudah merupakan tahun ketiga BPH Migas memimpin Posko Nasional ESDM dalam rangka libur Nataru dan Lebaran.

“Over all kita lihat semua aman, bagi kami ini biasa. Ada perbaikan, kita meminta badan usaha swasta seperti Total untuk bersama menjamin BBM, termasuk yang RON 92 dan 95,” ujar pria yang karib disapa Ifan di kantor BPH Migas, Senin (23/12)

BPH Migas, kata Ifan, nantinya akan menerapkan aturan untuk digitalisasi nozzle. Digitalisasi nozzle ini merupakan bentuk pengawasan terhadap BBM bersubsidi, dan diharapkan akan rampung pada Juni 2020.

“Kalau dicatat (lewat digitalisasi nozzle) ini untuk alat kendali, apakah BBM bersubsidi tepat sasaran atau tidak,” jelasnya.

Ifan menjelaskan, Posko Nasional ESDM untuk Nataru tidak hanya ada di Pulau Jawa. Posko ini juga telah disusun di setiap pulau.

“Kami sudah menyusun tiap pulau, kirim tiap hari ada yang keliling ke daerah. Jadi kami mengecek langsung bagaimana BBM, ada PLN juga, ada Pertamina, bahkan ada Komisi VII,” terangnya.

Di lokasi yang sama, Menteri ESDM Arifin Tasrif mengaku percaya dengan kinerja BPH Migas. Namun ia mengingatkan agar wilayah yang menjadi pusat perayaan Nataru, dapat diberikan prioritas agar pasokan BBM terpenuhi.

“Sampai sejauh ini sudah bisa terlihat bahwa antisipasi sudah dilakukan dengan benar,” kata Arifin.