Banjir Ibu Kota, Polisi Panggil Sudin SDA Jakbar, Ini Alasannya

Jakarta, Sayangi.com – Polda Metro Jaya memanggil pihak Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Barat. Hal ini terkait kejadian banjir besar yang terjadi di kawasan Jakarta Barat pada awal tahun 2020.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, pemanggilan Sudin SDA Jakarta Barat guna mengklarifikasi tentang fungsionisasi dan malfungsi pompa air. Selain itu, polisi juga ingin mengetahui tentang tata kelola air yang ada di Jakarta Barat.

“Diundang untuk mengklarifikasi memang pada tanggal 1 (Januari 2020) kemarin terjadi banjir. Ada beberapa tempat-tempat yang memang terjadi malfungsi tentang pompa air yang ada,” ujar Yusri di Mapolda Metro Jaya, Rabu (8/1).

Rencananya, kata Yusri, pihaknya akan kembali memanggil beberapa kepala Sub Sudin. Tujuannya polisi akan menggali tentang seperti apa yang sebenarnya terjadi di lapangan, sehingga terjadi banjir.

“Petugas memang melihat langsung kejadian sore itu. Sehingga bisa dijadikan dasar untuk coba kita kumpulkan bahan keterangan terlebih dahulu,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Barat Purwanti Suryandari mengaku mendapat surat panggilan dari Polda Metro Jaya. Ia juga mengaku telah memenuhi panggilan pada Senin (6/1).

Ia mengaku diminta mengklarifikasi dan menjelaskan detail Standar Operasional Prosedur (SOP) tentang pengoperasian pompa pengendali banjir yang berada di wilayahnya.

“Bukan pemanggilan apa-apa kok, hanya klarifikasi operasional pompa air saja yang berada di Daan,” kata Purwanti saat dihubungi, Selasa (7/1).