Jika Banjir Kembali Genangi Jakarta, Polisi Bolehkan Motor Lintasi Jalan Tol

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf . (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan memetakan titik-titik rawan banjir di seluruh wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Apalagi diprediksi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih akan mengguyur Ibu Kota hingga beberapa bulan ke depan.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf mengatakan, pihaknya akan membuat rekayasa arus lalu lintas di titik rawan banjir. Diantaranya di depan Universitas Trisakti, di Cawang arah Bogor, tol Cikampek arah Tanjung Priok, dan ada di Bekasi Timur dekat tol mengarah ke Tambun.

“Jika banjir terjadi, anggota kita sudah siap melaksanakan rekayasa lalu lintas,” ujar Yusuf di Kemayoran, Jumat (10/1).

Apabila ruas jalan konvensional tergenang dan tidak memungkinkan dilalui kendaraan, sambung Yusuf, pihaknya mengizinkan sepeda motor melintasi jalan tol. Namun ia menegaskan, izin tersebut bersifat situasional.

“Itu diskresi aja (motor masuk tol) situasional. Kalau memang jalan alternatif itu yang dipakai satu-satunya yang dipakai tol, ya sudah kita pakai tol tapi temporer saja kalau airnya sudah surut, ya sudah balik lagi,” paparnya.

Seperti diketahui, berdasarkan prediksi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Jakarta akan kembali diguyur hujan lebat pada 9-12 Januari 2020. Maka bukan tidak mungkin banjir berpotensi terjadi kembali di Jakarta.